Image of Hubungan Self Esteem dan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Hasil Belajar Biologi

Text

Hubungan Self Esteem dan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Hasil Belajar Biologi



Hasil belajar biologi merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar biologi. Hasil belajar biologi diduga berhubungan dengan self esteem dan kemampuan membaca pemahaman. Self esteem merupakan penilaian individu terhadap dirinya sendiri, sedangkan kemampuan membaca pemahaman adalah kemampuan untuk memahami suatu ide pokok dalam suatu bacaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self esteem dan kemampuan membaca pemahaman dengan hasil belajar biologi. Penelitian ini dilakukan pada semester II 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan studi korelasional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Multistage Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 79 siswa SMA Labschool Kebayoran. Uji Prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Melalui pengujian hipotesis pertama didapatkan persamaan Ŷ = 17,240 + 0,750X1. Koefisien korelasi yang diperoleh adalah sebesar 0,736 yang berarti terdapat hubungan yang kuat. Melalui pengujian hipotesis kedua didapatkan persamaan Ŷ = 10,735 + 0,843X2. Koefisien korelasi yang diperoleh adalah sebesar 0,858 yang berarti terdapat hubungan yang sangat kuat. Melalui pengujian hipotesis yang ketiga didapatkan persamaan Ŷ = 3,498 + 0,304X1.+ 0,649X2. Koefisien korelasi yang diperoleh adalah sebesar 0,887 yang berarti terdapat hubungan yang sangat kuat. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara self esteem dan kemampuan membaca pemahaman dengan hasil belajar biologi siswa SMA.


Ketersediaan

B1517048B15.17 048Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
B15.17 048
Penerbit Program Studi Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
B15.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this