Image of Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Menggunakan Metode Make A Match dalam Strategi Pembelajaran Inkuiri Ditinjau dari Perbedaan Gender (Studi Eksperimen di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Jakarta Islamic School dan Thariq Bin Ziyad)

Text

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Menggunakan Metode Make A Match dalam Strategi Pembelajaran Inkuiri Ditinjau dari Perbedaan Gender (Studi Eksperimen di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Jakarta Islamic School dan Thariq Bin Ziyad)



Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan metode make a match dalam strategi pembelajaran inkuiri ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian ini dilakukan di SMP Jakarta Islamic School dan SMPIT Thariq Bin Ziyad. Di SMP Jakarta Islamic School diterapkan strategi pembelajaran inkuiri, sementara di SMPIT Thariq Bin Ziyad diterapkan strategi pembelajaran inkuiri yang dipadukan dengan metode pembelajaran make a match. Kelas-kelas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas yang terpisah antara peserta didik laki-laki dan perempuan. Penelitian dilakukan di kelas VIII semester pertama tahun ajaran 2015-2016. Data yang diperoleh yaitu berasal dari data pre test dan post test yang berisi soal-soal pemecahan masalah matematis untuk diberikan kepada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak tedapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik laki-laki dan perempuan. Selain itu juga tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan make a match. Model pembelajaran inkuiri dan make a match yang diterapkan pada kelompok peserta didik yang dibedakan berdasarkan gender dapat memberikan efek terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis. Hal ini berarti bahwa pengaruh atau efek model pembelajaran pada kemampuan pemecahan masalah matematis akan berbeda untuk gender yang berbeda


Ketersediaan

M3617007M36.17 007Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M36.17 007
Penerbit Program Magister Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
M36.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this