Detail Cantuman
Advanced Search![Image of Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Menggunakan Metode Make A Match dalam Strategi Pembelajaran Inkuiri Ditinjau dari Perbedaan Gender (Studi Eksperimen di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Jakarta Islamic School dan Thariq Bin Ziyad)](./lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/koleksi_tesis.png.png&width=200)
Text
Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Menggunakan Metode Make A Match dalam Strategi Pembelajaran Inkuiri Ditinjau dari Perbedaan Gender (Studi Eksperimen di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Jakarta Islamic School dan Thariq Bin Ziyad)
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan metode make a match dalam strategi pembelajaran inkuiri ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian ini dilakukan di SMP Jakarta Islamic School dan SMPIT Thariq Bin Ziyad. Di SMP Jakarta Islamic School diterapkan strategi pembelajaran inkuiri, sementara di SMPIT Thariq Bin Ziyad diterapkan strategi pembelajaran inkuiri yang dipadukan dengan metode pembelajaran make a match. Kelas-kelas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas yang terpisah antara peserta didik laki-laki dan perempuan. Penelitian dilakukan di kelas VIII semester pertama tahun ajaran 2015-2016. Data yang diperoleh yaitu berasal dari data pre test dan post test yang berisi soal-soal pemecahan masalah matematis untuk diberikan kepada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak tedapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik laki-laki dan perempuan. Selain itu juga tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis antara peserta didik yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan yang menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan make a match. Model pembelajaran inkuiri dan make a match yang diterapkan pada kelompok peserta didik yang dibedakan berdasarkan gender dapat memberikan efek terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis. Hal ini berarti bahwa pengaruh atau efek model pembelajaran pada kemampuan pemecahan masalah matematis akan berbeda untuk gender yang berbeda
Ketersediaan
M3617007 | M36.17 007 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
M36.17 007
|
Penerbit | Program Magister Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
M36.17
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Anggela Soraya
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain