Image of Pengaruh Pendekatan Pmri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa MTs

Text

Pengaruh Pendekatan Pmri terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa MTs



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMP/MTs. Penelitian dilakukan dengan populasi MTs negeri berakreditasi A di wilayah Jakarta Timur. MTs yang terpilih sebagai sampel adalah MTs Negeri 42 Jakarta sebagai kelas eksperimen dan MTs Negeri 16 Jakarta sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dilakukan kepada 86 siswa. Pengambilan data diperoleh melalui angket dan tes kemudian dianalisis menggunakan ANAVA dua jalur dengan desain treatment by level. Hasil penelitian: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi pendekatan PMRI lebih tinggi dibandingkan siswa yang diberi Pendekatan Pembelajaran Konvensional (PPK), (2) Terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi perlakuan pendekatan PMRI lebih tinggi dari siswa yang diberi pendekatan PPK pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi, (4) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi perlakuan pendekatan PMRI tidak lebih rendah dari siswa yang diberi pendekatan PPK pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal matematis rendah, (5) Disposisi matematis siswa yang menggunakan pendekatan PMRI lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pendekatan PPK, (6) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap disposisi matematis, (7) Disposisi matematis siswa yang diberi pendekatan PMRI tidak lebih tinggi dari siswa yang diberi perlakuan pendekatan PPK pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi, (8) Disposisi matematis siswa yang diberi perlakuan pendekatan PMRI tidak lebih rendah dari siswa yang diberi perlakuan pendekatan PPK pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal matematis rendah.


Ketersediaan

M3617009M36.17 009Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M36.17 009
Penerbit Program Magister Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
M36.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this