Image of Design Research Pengembangan Kemampuan Literasi Matematis Melalui Pendekatan Matematika Realistik Model Generatif Dalam Konsep Permutasi dan Kombinasi di XI SMA St. Fransiskus Jakarta

Text

Design Research Pengembangan Kemampuan Literasi Matematis Melalui Pendekatan Matematika Realistik Model Generatif Dalam Konsep Permutasi dan Kombinasi di XI SMA St. Fransiskus Jakarta



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan kemampuan literasi matematis siswa dalam konsep permutasi dan kombinasi melalui pendekatan matematika realistik menggunakan model pembelajaran generatif. Metodologi yang digunakan adalah design research dan dilaksanakan di kelas XI SMA ST. Fransiskus Jakarta. Oleh karena itu dirancang desain pembelajaran dengan beberapa aktivitas: (1) merumuskan konsep aturan perkalian, (2) menemukan perbedaan antara konsep permutasi dan kombinasi, (3) mengembangkan konsep kepada permutasi siklis dan permutasi identik, (4) mengeksplor hingga menemukan rumus, dan (5) memecahkan masalah pada konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa melakukan permainan bola bekel dengan modifikasi sebagai konteks dapat mengembangkan literasi matematis siswa pada konsep permutasi dan kombinasi. Hal itu karena permainan kompetitif yang diciptakan dapat mengukur ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap.


Ketersediaan

M3617010M36.17 010Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M36.17 010
Penerbit Program Magister Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
M36.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this