Detail Cantuman
Advanced Search![Image of Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Menumbuhkan Metakognisi dan Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di Kelas VIII MTs Negeri Jakarta Ditinjau dari Gender](./lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/koleksi_tesis.png.png&width=200)
Text
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Menumbuhkan Metakognisi dan Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di Kelas VIII MTs Negeri Jakarta Ditinjau dari Gender
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai Ujian Nasional matematika siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Jakarta jika dibandingkan dengan siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri Jakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan gender terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan metakognisi siswa.
Penelitian dilakukan di MTs Negeri 5 Jakarta kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian metode eksperimen semu (quasi experiment). Data diperoleh melalui pretes dan postes kemampuan berpikir kreatif matematis serta instrumen non tes metakognisi. Tes analisis varian dua jalur (Anava 2 jalur) dilakukan untuk mengetahui adanya interaksi pada N-gain kemampuan berpikir kreatif matematis dan skor metakognisi. Pengujian hipotesis dilakukan pada α= 0.05 melalui program SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar menggunakan model konvensional (2) tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gender terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa (3) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa laki-laki yang diajar menggunakan model PBM lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki yang diajar menggunakan model konvensional (4) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa perempuan yang diajar menggunakan model PBM lebih tinggi dibandingkan siswa perempuan yang diajar menggunakan model konvensional (5) skor metakognisi siswa yang diajar menggunakan model PBM lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar menggunakan model konvensional (6) tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gender terhadap metakognisi siswa (7) skor metakognisi siswa laki-laki yang diajar menggunakan model PBM lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki yang diajar menggunakan model konvensional (8) skor metakognisi siswa perempuan yang diajar menggunakan model PBM lebih tinggi dibandingkan siswa perempuan yang diajar menggunakan model konvensional.
Ketersediaan
M3617013 | M36.17 013 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
M36.17 013
|
Penerbit | Program Magister Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
M36.17
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Kumulus Krestiwi
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain