Detail Cantuman
Advanced Search![Image of Penerapan Teknik Scaffolding dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa di Kelas XI MIA 5 SMAN 61 Jakarta](./lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/koleksi_tesis.png.png&width=200)
Text
Penerapan Teknik Scaffolding dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa di Kelas XI MIA 5 SMAN 61 Jakarta
Pembelajaran matematika dewasa ini menuntut pembelajaran yang mengarahkan siswa berpikir kritis. Salah satu teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika adalah scaffolding. Scaffolding dapat memotivasi siswa berada pada zona perkembangan kognitif (Zone Proximal Development) dalam penyampaian konsep matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan teknik scaffolding. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti. Instrumen bantu dalam penelitian ini adalah soal pra penelitian, pedoman wawancara, dan soal tes. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa kelas XI dengan kriteria 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah. Siswa di kelas sebanyak 36 siswa. Subjek penelitian diambil berdasarkan hasil nilai rapor semester sebelumnya. Indikator kemampuan berpikir kritis matematika yang diteliti adalah (1) mengidentifikasi dan menjustifikasi konsep, dan (2) menyelesaikan masalah matematika. Berdasarkan analisis data didapat hasil penelitian sebagai berikut: pada siklus I, 4 dari 6 siswa subjek penelitian mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) sedangkan siswa yang mencapai KKM di kelas sebanyak 50%. Pada siklus II, 2 dari 6 siswa subjek penelitian mencapai KKM, sedangkan siswa yang mencapai KKM di kelas sebanyak 30,566%. Selanjutnya pada siklus III, 5 dari 6 siswa subjek penelitian mencapai KKM, sedangkan siswa yang mencapai KKM di kelas sebanyak 80,556%. Hal tersebut menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada indikator (1) mengidentifikasi dan menjustifikasi konsep, dan (2) menyelesaikan masalah matematika.
Ketersediaan
M3617018 | M36.17 018 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
M36.17 018
|
Penerbit | Program Magister Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
M36.17
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Nurmagdalena
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain