Image of Penerapan Teknik Scaffolding dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa di Kelas XI MIA 5 SMAN 61 Jakarta

Text

Penerapan Teknik Scaffolding dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa di Kelas XI MIA 5 SMAN 61 Jakarta



Pembelajaran matematika dewasa ini menuntut pembelajaran yang mengarahkan siswa berpikir kritis. Salah satu teknik pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika adalah scaffolding. Scaffolding dapat memotivasi siswa berada pada zona perkembangan kognitif (Zone Proximal Development) dalam penyampaian konsep matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa dengan teknik scaffolding. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti. Instrumen bantu dalam penelitian ini adalah soal pra penelitian, pedoman wawancara, dan soal tes. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa kelas XI dengan kriteria 2 siswa berkemampuan tinggi, 2 siswa berkemampuan sedang, dan 2 siswa berkemampuan rendah. Siswa di kelas sebanyak 36 siswa. Subjek penelitian diambil berdasarkan hasil nilai rapor semester sebelumnya. Indikator kemampuan berpikir kritis matematika yang diteliti adalah (1) mengidentifikasi dan menjustifikasi konsep, dan (2) menyelesaikan masalah matematika. Berdasarkan analisis data didapat hasil penelitian sebagai berikut: pada siklus I, 4 dari 6 siswa subjek penelitian mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) sedangkan siswa yang mencapai KKM di kelas sebanyak 50%. Pada siklus II, 2 dari 6 siswa subjek penelitian mencapai KKM, sedangkan siswa yang mencapai KKM di kelas sebanyak 30,566%. Selanjutnya pada siklus III, 5 dari 6 siswa subjek penelitian mencapai KKM, sedangkan siswa yang mencapai KKM di kelas sebanyak 80,556%. Hal tersebut menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada indikator (1) mengidentifikasi dan menjustifikasi konsep, dan (2) menyelesaikan masalah matematika.


Ketersediaan

M3617018M36.17 018Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M36.17 018
Penerbit Program Magister Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
M36.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this