Image of Pengaruh Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Pada Siswa SMPN di Kecamatan Cibodas Tangerang

Text

Pengaruh Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Pada Siswa SMPN di Kecamatan Cibodas Tangerang



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Eliciting Activities (MEA’s) dan konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9
Tangerang tahun ajaran 2016/2017. Desain penelitian ini adalah post-test eksperimen dan kontrol grup desain. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment (eksperimen semu). Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa MEA’s, sedangkan kelas kontrol secara konvensional. Populasi terjangkau penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 9 Kota Tangerang kelas VII tahun ajaran 2016/2017 yang berasal dari populasi yang berdistribusi normal, memiliki varians yang sama atau homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis, tes kemampuan awal matematika dan angket self confidence matematika. Instrumen tersebut telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan
uji Anava dua jalur. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan MEA’s lebih tinggi dibandingkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang
belajar dengan model konvensional. (2) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis (3) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi perlakuan MEA’s lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan model konvensional pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi. (4) tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi perlakuan MEA’s dengan siswa yang diberi perlakuan
model konvensional pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal matematika rendah. (5) self confidence siswa dalam belajar matematika yang diberi perlakuan MEA’s lebih tinggi dibandingkan dengan self confidence siswa
yang diberi perlakuan model konvensional.


Ketersediaan

M3617022M36.17 022Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M36.17 022
Penerbit Program Magister Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
M36.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this