Detail Cantuman
Advanced SearchText
Pengaruh Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Pada Siswa SMPN di Kecamatan Cibodas Tangerang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Eliciting Activities (MEA’s) dan konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9
Tangerang tahun ajaran 2016/2017. Desain penelitian ini adalah post-test eksperimen dan kontrol grup desain. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment (eksperimen semu). Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa MEA’s, sedangkan kelas kontrol secara konvensional. Populasi terjangkau penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 9 Kota Tangerang kelas VII tahun ajaran 2016/2017 yang berasal dari populasi yang berdistribusi normal, memiliki varians yang sama atau homogen, dan memiliki kesamaan rata-rata. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis, tes kemampuan awal matematika dan angket self confidence matematika. Instrumen tersebut telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan
uji Anava dua jalur. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan MEA’s lebih tinggi dibandingkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang
belajar dengan model konvensional. (2) terdapat interaksi antara kemampuan awal matematika dan model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis (3) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi perlakuan MEA’s lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan model konvensional pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi. (4) tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi perlakuan MEA’s dengan siswa yang diberi perlakuan
model konvensional pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal matematika rendah. (5) self confidence siswa dalam belajar matematika yang diberi perlakuan MEA’s lebih tinggi dibandingkan dengan self confidence siswa
yang diberi perlakuan model konvensional.
Ketersediaan
M3617022 | M36.17 022 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
M36.17 022
|
Penerbit | Program Magister Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
M36.17
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Try Apriani Atieka
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain