Detail Cantuman
Advanced SearchText
Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self- Confidence Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA di Bogor Timur
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Negeri di Kabupaten Bogor Timur. Sampel penelitiannya adalah siswa SMA Negeri kelas X MIPA yang berjumlah 116 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian pretestpostest control group design. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan berpikir kritis matematis dan lembar angket self-confidence.
Analisis data dilakukan terhadap rataan gain ternormalisasi antara dua kelompok sampel. Hasil penelitian ini adalah (1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diberi perlakuan model discovery learning lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa; (3) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa KAM tinggi yang mendapat model discovery learning lebih
tinggi daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional; (4) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa KAM rendah yang mendapat model discovery learning lebih rendah dibanding siswa yang mendapat model konvensional; (5) Peningkatan self-confidence siswa yang diberi perlakuan model discovery learning lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (6) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan self-confidence siswa; (7) Peningkatan self-confidence siswa
KAM tinggi yang mendapat model discovery learning lebih tinggi daripada siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional; (8) Peningkatan self-confidence siswa KAM rendah yang mendapat model discovery learning lebih rendah dibanding siswa yang mendapat model konvensional
Ketersediaan
M3617023 | M36.17 023 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
M36.17 023
|
Penerbit | Program Magister Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
M36.17
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Leny Dhianti Haeruman
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain