Detail Cantuman
Advanced Search![Image of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika dan Kemandirian Belajar Peserta Didik](./lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/koleksi_tesis.png.png&width=200)
Text
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika dan Kemandirian Belajar Peserta Didik
Tujuan dari penelitian ini yang adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM) dan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemandirian Belajar Peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar dikelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 22 Pamulang dan SMP Muhammadiyah 44 Pamulang pada tahun pelajaran 2016/2017 semester genap. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan posttest-only control design dan design treatment by level 2x2. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes uraian dan kuisioner.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diberi model pembelajaran PBL lebih tinggi dari peserta didik yang diberi model pembelajaran langsung; (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran PBL dengan KAM terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis; (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan KAM tinggi yang diberikan model pembelajaran PBL lebih tinggi dari peserta didik yang diberikan model pembelajaran langsung; (4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan KAM rendah antara yang diberi model pembelajaran PBL dan peserta didik yang diberi model pembelajaran langsung; (5) Kemandirian belajar peserta didik yang diberi model pembelajaran PBL lebih tinggi dari peserta didik yang diberi model pembelajaran langsung.
Ketersediaan
M3617024 | M36.17 024 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
M36.17 024
|
Penerbit | Program Magister Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
M36.17
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Faizah Adisty
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain