Image of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika dan Kemandirian Belajar Peserta Didik

Text

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika dan Kemandirian Belajar Peserta Didik



Tujuan dari penelitian ini yang adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM) dan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemandirian Belajar Peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar dikelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 22 Pamulang dan SMP Muhammadiyah 44 Pamulang pada tahun pelajaran 2016/2017 semester genap. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan posttest-only control design dan design treatment by level 2x2. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes uraian dan kuisioner.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diberi model pembelajaran PBL lebih tinggi dari peserta didik yang diberi model pembelajaran langsung; (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran PBL dengan KAM terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis; (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan KAM tinggi yang diberikan model pembelajaran PBL lebih tinggi dari peserta didik yang diberikan model pembelajaran langsung; (4) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dengan KAM rendah antara yang diberi model pembelajaran PBL dan peserta didik yang diberi model pembelajaran langsung; (5) Kemandirian belajar peserta didik yang diberi model pembelajaran PBL lebih tinggi dari peserta didik yang diberi model pembelajaran langsung.


Ketersediaan

M3617024M36.17 024Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M36.17 024
Penerbit Program Magister Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
M36.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this