Image of Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Efficacy Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Model Kooperatif Murder di Kelas XII IPS-2 SMAN 115 Jakarta

Text

Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Efficacy Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Model Kooperatif Murder di Kelas XII IPS-2 SMAN 115 Jakarta



Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy siswa melelui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan model kooperatif MURDER di kelas XII IPS-2 SMA Negeri 115 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada setiap siklus, pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah dengan model kooperatif MURDER. Siswa diberikan tes pada setiap akhir siklus untuk mengukur kemampuan penalaran matematis siswa. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan model kooperatif MURDER dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai tes kemampuan penalaran matematis dan skor angket self-efficacy subjek penelitian. Berdasarkan hasil tes setiap akhir siklus, masing-masing subjek penelitian mengalami peningkatan kemampuan penalaran matematis. Demikian juga dengan self-efficacy keenam subjek penelitian, berdasarkan hasil angket self-efficacy pada akhir siklus III, rata-rata skor self-efficacy SP1, SP2, SP3, SP4, SP5 dan SP6 mengalami peningkatan namun masih dalam kualifikasi yang sama dengan skor angket selfefficacy
penelitian pendahuluan yaitu dengan kualifikasi baik.


Ketersediaan

M3617028M36.17 028Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M36.17 028
Penerbit Program Magister Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
M36.17
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this