Detail Cantuman
Advanced Search![Image of Pengembangan Modul Matematika pada Pokok Bahasan Perbandingan dengan Pendekatan Saintifik untuk Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama](./lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/koleksi_skripsi.png.png&width=200)
Text
Pengembangan Modul Matematika pada Pokok Bahasan Perbandingan dengan Pendekatan Saintifik untuk Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan modul matematika untuk siswa kelas VII SMP. Berdasarkan analisis kebutuhan, materi dalam modul yang akan dikembangkan adalah materi perbandingan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik merupakan pembelajaran yang dilandasi dengan penerapan metode ilmiah yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan berpikir siswa mengenai materi yang akan dipelajari. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan modul matematika pada pokok bahasan perbandingan dengan pendekatan saintifik bagi siswa kelas VII SMP untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitan dan pengembangan (research and development). Prosedur penelitian pengembangan ini meliputi penelitian pendahuluan, perencanaan dan pengembangan model, validasi ahli dan revisi, uji coba perorangan (one to one) dan revisi, uji coba kelompok kecil dan revisi, uji coba kelompok besar dan revisi. Setelah produk direvisi sesuai saran dari seluruh responden, produk dianggap final dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika.
Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 86,63% maka modul matematika ini dikategorikan sangat baik. Sedangkan, persentasi rata-rata keseluruhan angket berdasarkan hasil validasi ahli media sebesar 87,59% maka modul matematika diperoleh kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba perorangan (one to one), persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 89,54% maka modul matematika ini dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 89,41% maka modul matematika ini dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba kelompok besar, persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 90,86% maka modul matematika ini dikategorikan sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul matematika yang dikembangkan memenuhi kelayakan untuk digunakan pada pembelajaran perbandingan kelas VII SMP.
Ketersediaan
M1518002 | M15.18 002 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
M15.18 002
|
Penerbit | Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2018 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
3115111181
|
Klasifikasi |
M15.18
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain