Image of Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Pokok Bahasan SPLDV di Kelas VIII-F SMP Negeri 74 Jakarta

Text

Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Pokok Bahasan SPLDV di Kelas VIII-F SMP Negeri 74 Jakarta



Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) di kelas VIII-F dengan pokok bahasan SPLDV. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan lima indikator kemampuan pemahaman konsep matematika, yaitu menyatakan ulang konsep, mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, memberikan contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi. Setiap siklus kegiatan pembelajaran menerapkan model pembelajaran MMP. Terdapat enam subjek penelitian yaitu dua siswa yang memiliki kemampuan akademik tinggi, dua siswa yang memiliki kemampuan akademik sedang, dan dua siswa yang memiliki kemampuan akademik rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan triangulasi data.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika yang dialami oleh siswa kelas VIII-F SMP Negeri 74 Jakarta setelah dilakukannya penerapan model pembelajaran MMP. Pernyataan tersebut didasari dari hasil yang didapatkan setiap akhir siklus. Rata-rata nilai nilai tes akhir kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII-F pada siklus I adalah 76, pada siklus II meningkat menjadi 76,43, dan pada siklus III meningkat menjadi 87,29. Kemudian pada siklus I hanya 60% siswa yang memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus II meningkat menjadi 87,88% siswa, dan pada siklus III semakin meningkat menjadi 97,14%.


Ketersediaan

M1518004M15.18 004Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M15.18 004
Penerbit Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3115130752
Klasifikasi
M15.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this