Image of Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran CMP (Connected Mathematics Project) pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII-D Smpn 139 Jakarta

Text

Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran CMP (Connected Mathematics Project) pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII-D Smpn 139 Jakarta



Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa di kelas VIII-D SMPN 139 Jakarta dengan menerapkan model pembelajaran CMP pada materi Teorema Pythagoras. Kemampuan penalaran matematis siswa dapat ditinjau berdasarkan enam indikator penalaran, yaitu mengajukan dugaan; melakukan manipulasi matematika, menarik kesimpulan, menyusun bukti; memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi; menarik kesimpulan dari pernyataan; memeriksa kesahihan argumen; dan menentukan pola dan sifat dari gejala matematika untuk membuat generalisasi. Model pembelajaran CMP dapat digunakan sebagai alternatif dalam menjalankan proses pembelajaran matematika di dalam kelas. Model Pembelajaran CMP dilaksanakan dalam tigas fase, yaitu fase launching, fasa exploring, dan fase summarizing.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilakukan dalam tiga siklus. Siklus I dilakukan dalam dua pertemuan, siklus II dilakukan dalam tiga pertemuan, dan siklus III dilakukan dalam tiga pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pada penelitian ini terdapat sembilan subjek penelitian yang dipilih dari 36 siswa kelas VIII-D SMPN 139 Jakarta. Sembilan subjek penelitian terdiri dari tiga siswa yang memiliki kemampuan akademik di atas rata-rata, tiga siswa memiliki kemampuan akademik rata-rata, dan tiga siswa memiliki kemampuan akademik di bawah rata-rata. Instrumen penilitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi, tes, catatan lapangan, dan pedoman wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran CMP dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Hal tersebut ditunjukkan pada peningkatan nilai rata-rata tes kemampuan penalaran matematis selama tiga siklus. Persentase kemampuan penalaran matematika siswa kelas VIII-D pada siklus I yaitu 66,44 meningkat pada siklus II yaitu 80,27, dan meningkat kembali pada siklus III yaitu 83,22. Pada siklus I hanya terdapat 27,78% siswa yang memenuhi nilai minimal 79,2, pada siklus II meningkat menjadi 71,43% dan pada siklus III meningkat menjadi 75%.


Ketersediaan

M1518006M15.18 006Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M15.18 006
Penerbit Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3115130764
Klasifikasi
M15.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this