Image of

Text

"Pengembangan Majalah Matematika sebagai Sumber Belajar Alternatif dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Perbandingan Kelas VIII SMP Negeri 3 Depok"



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan majalah matematika untuk
siswa SMP kelas VIII. Berdasarkan analisis kebutuhan, materi yang
dikembangkan adalah perbandingan dengan Pendekatan Kontekstual. Tahapan
pendekatan kontekstual adalah konstruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat
belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian nyata.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan (research and development). Prosedur penelitian ini terdiri dari
analisis kebutuhan, perencanaan pengembangan model, validasi ahli, uji coba
guru dan evaluasi satu-satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok
besar.
Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa diperoleh bahwa materi
yang dimuat dalam majalah matematika yang dikembangkan sudah sesuai dengan
Kurikulum 2013. Bahasa yang digunakan dalam majalah matematika sudah sesuai
dan menarik. Berdasarkan validasi ahli media diperoleh bahwa majalah
matematika memiliki desain yang menarik dengan warna yang kontras, ukuran
dan warna huruf yang menarik, tata letak (judul dan sub judul) konsisten, dan
ilustrasi gambar yang sesuai. Berdasarkan uji coba kelompok kecil diperoleh ratarata
hasil kuesioner sebesar 83% dan termasuk ke dalam kategori yang sangat
kuat. Berdasarkan uji coba kelompok besar diperoleh rata-rata hasil kuesioner
sebesar 87% dan termasuk ke dalam kategori sangat kuat. Berdasarkan uji
kelayakan tersebut majalah matematika yang dikembangkan memenuhi kelayakan
untuk digunakan pada pembelajaran materi Perbandingan.


Ketersediaan

M1518007M15.18 007Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M15.18 007
Penerbit Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3115130768
Klasifikasi
M15.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this