Detail Cantuman
Advanced Search![Image of Pengembangan Modul Matematika dengan Model Learning Cycle 5-E
Pada Pokok Bahasan Operasi Aljabar Kelas VIII Semester Ganjil
di SMPN 90 Jakarta](./lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/koleksi_skripsi.png.png&width=200)
Text
Pengembangan Modul Matematika dengan Model Learning Cycle 5-E Pada Pokok Bahasan Operasi Aljabar Kelas VIII Semester Ganjil di SMPN 90 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sumber belajar berupa modul matematika untuk siswa kelas VIII SMP. Modul ini dibuat karena siswa membutuhkan media pembelajaran yang lain selain buku cetak untuk membantu memahami materi. Modul ini dibuat dengan menggunakan model Learning Cycle 5-E yang terdiri dari lima tahap, yaitu engagement, exploration, explanation, elaboration, dan evaluation. Kelima tahapan tersebut terdapat dalam modul yang dikembangkan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini melalui lima tahapan. Tahapan pertama yaitu tahap penelitian pendahuluan yang dilakukan dengan menyebar angket analisis kebutuhan kepada siswa SMP Negeri 90 Jakarta. Tahap kedua yaitu tahap perencanaan yang dimulai dengan membuat garis besar isi media (GBIM) sebagai pedoman dalam penyusunan modul. Pembuatan GBIM disesuaikan dengan hasil analisis kebutuhan. Tahap ketiga yaitu tahap pengembangan yang dimulai dengan membuat draft. Selanjutnya dilakukan validasi oleh ahli materi dan bahasa serta ahli media. Penilaian dan saran yang diperoleh dari uji ahli digunakan sebagai revisi modul. Modul yang telah diperbaiki digunakan untuk uji coba lapangan. Tahap keempat uji coba lapangan kelompok kecil yang melibatkan guru dan 10 siswa. Terakhir tahap kelima yaitu uji lapangan kelompok besar yang melibatkan 70 siswa.
Hasil dari modul yang dikembangkan berdasarkan aspek materi dan kebahasaan yang telah divalidasi oleh ahli materi dan bahasa berkategori sangat baik presentase 87,74%. Kemudian berdasarkan aspek penyajian tampilan modul yang telah divalidasi oleh ahli media berkategori sangat baik dengan presentase 91,3%. Berdasarkan aspek materi, kebahasaan, dan penyajian yang telah dievaluasi oleh guru berkategori sangat baik dengan presentase 85,64%. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil yang dilakukan terhadap 10 siswa diperoleh presentase 83,5% yang berkategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba kelompok besar yang dilakukan terhadap 70 siswa diperoleh presentase 82,69% yang berkategori sangat baik. Sehingga berdasarkan hasil presentase tersebut dapat disimpulkan bahwa modul matematika yang dikembangkan telah layak digunakan pada proses pembelajaran siswa SMP kelas VIII.
Ketersediaan
M1518012 | M15.18 012 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
M15.18 012
|
Penerbit | Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2018 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
3115133724
|
Klasifikasi |
M15
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain