Image of Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE (Connecting-Organizing-Reflecting-Extending) di Kelas VII-A SMP Negeri 77 Jakarta

Text

Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE (Connecting-Organizing-Reflecting-Extending) di Kelas VII-A SMP Negeri 77 Jakarta



Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran CORE (Connecting-Organizing-Reflecting-Extending) di kelas VII-A SMPN 77 Jakarta. Kemampuan pemecahan masalah matematika adalah salah satu bagian penting dalam proses pembelajaran matematika. Menguasai kemampuan pemecahan masalah matematika berarti peserta didik dapat mengidentifikasi informasi-infomasi pada masalah, membuat perencanaan penyelesaian masalah, menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Berdasarkan hasil tes prapenelitian yang diberikan kepada peserta didik kelas VII-A menunjukkan kemampuan pemcahan masalah matematika peserta didik masih relatif rendah. Dengan demikian, kemampuan pemcahan masalah matematika peserta didik, khususnya peserta didik kelas VII-A SMPN 77 Jakarta sangat perlu untuk ditingkatkan.
Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 6 peserta didik yang dipilih dari 36 peserta didik kelas VII-A SMPN 77 Jakarta. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti, wawancara, format lembar observasi kemampuan pemecahan masalah matematika, lembar tes akhir siklus, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor tes kemampuan pemecahan masalah matematika meningkat melalui pembelajaran matematika dengan model pembelajaran CORE (Connecting-Organizing-Reflecting-Extending) dari aktivitas yang diamati pada setiap tahapan yakni Connecting-Organizing-Reflecting-Extending sekaligus respon positif dari peserta didik subjek penelitian dan juga peserta didik secara keseluruhan terhadap penerapan model pembelajaran CORE (Connecting-Organizing-Reflecting-Extending).


Ketersediaan

M1518014M15.18 014Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M15.18 014
Penerbit Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3115133737
Klasifikasi
M15.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this