Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Disposisi Matematis Siswa SMA (Penelitian Eksperimen di SMA Negeri 1 Cibitung Bekasi).

Text

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Disposisi Matematis Siswa SMA (Penelitian Eksperimen di SMA Negeri 1 Cibitung Bekasi).



Salah satu kemampuan matematis berupa kemampuan kognitif dan kemampuan afektif yang wajib dimiliki oleh siswa adalah kemampuan representasi matematis dan disposisi matematis. Kemampuan representasi matematis dan disposisi matematis siswa perlu dikembangkan melalui suatu model pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk mengevaluasi representasi sendiri dan bersikap positif pada pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TSTS terhadap kemampuan representasi matematis dan disposisi matematis siswa di SMA Negeri 1 Cibitung Bekasi.
Metode penelitian yang dilakukan adalah quasi experiment. Instrumen penelitian yang digunakan ada dua, yaitu instrumen tes kemampuan representasi matematis dan instrumen nontes (angket) disposisi matematis. Sebelum digunakan kedua instrumen telah melalui uji validitas dan uji reliabilitas instrumen. Populasi target adalah seluruh siswa SMA 1 Cibitung Bekasi, sementara populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas X MIA pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Pemilihan sampel penelitian dilakukan melalui beberapa tahap. Tahap pertama dengan purposive sampling memilih satu guru yang mengajar lima kelas X MIA (kelas X MIA 1 sampai 5). Tahap kedua memilih dua dari lima kelas yang diajar oleh guru yang sama (Kelas X MIA 1 dan X MIA 2). Tahap ketiga memilih secara acak 31 siswa dari masing-masing dua kelas terpilih sebagai sampel penelitian. Kelas yang terpilih dibagi menjadi kelas eksperimen (diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS) yaitu kelas X MIA 1 dan kelas kontrol (diberi pembelajaran konvensional) yaitu kelas X MIA 2.
Berdasarkan hasil pengujian prasyarat analisis data setelah perlakuan, kelas eksperimen dan kelas kontrol dinyatakan berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis statistik dilakukan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi


Ketersediaan

M1518016M15.18 016Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M15.18 016
Penerbit Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3115133757
Klasifikasi
M15.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this