Image of Pengembangan Bahan Ajar Berupa Buku Suplemen Matematika
Pada Pokok Bahasan Lingkaran Dengan Pendekatan Scientific Untuk Siswa SMP Kelas VIII

Text

Pengembangan Bahan Ajar Berupa Buku Suplemen Matematika Pada Pokok Bahasan Lingkaran Dengan Pendekatan Scientific Untuk Siswa SMP Kelas VIII



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku suplemen matematika untuk siswa kelas VIII SMP. Berdasarkan analisis kebutuhan, pokok bahasan dalam buku suplemen yang dikembangkan adalah lingkaran dengan mengimplementasikan pendekatan saintifik sesuai kurikulum 2013 yang berlaku saat ini.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur penelitian ini terdiri dari tahapan berikut: penelitian pendahuluan (berupa analisis kebutuhan), perancangan dan pengembangan produk awal, validasi ahli, kemudian menguji coba produk yang dihasilkan di lapangan kepada siswa dan guru secara perorangan, kepada siswa dalam kelompok kecil, dan uji coba siswa dalam kelompok besar.
Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa oleh tiga validator, persentase rata-rata skor untuk semua indikator materi dan bahasa yaitu sebesar 85.25% sehingga buku suplemen dikategorikan sangat baik. Buku suplemen yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum 2013, cakupan materi lingkaran yang dibahas sesuai dengan konsep matematika, uraian atau pembahasan materi sesuai dengan asas pendekatan saintifik, dan bahasa yang digunakan sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) dan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Berdasarkan hasil validasi ahli media oleh tiga orang dosen UNJ menghasilkan perolehan persentase rata-rata skor untuk semua indikator sebesar 89.44%, sehingga kategori yang diperoleh sangat baik. Penyajian buku dan desain isi buku suplemen secara keseluruhan dinilai konsisten dan sudah proporsional sebagai media pembelajaran. Selanjutnya, pada tahap hasil uji coba lapangan terhadap guru dan siswa secara perorangan memperoleh masing-masing persentase rata-rata untuk semua indikator sebesar 86.46% dan 91.21%. Jika mengacu kriteria interpretasi skor, maka hasil uji coba tersebut dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba lapangan kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 95.58% dan dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba kelompok besar, diperoleh persentase rata-rata keseluruhan angket sebesar sebesar 87.12%, sehingga dikategorikan sangat baik. Siswa merasakan manfaat dan ketertarikan dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan buku suplemen ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku suplemen yang dikembangkan memenuhi kelayakan untuk digunakan sebagai penunjang pembelajaran.


Ketersediaan

M1518019M15.18 019Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M15.18 019
Penerbit Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3115111162
Klasifikasi
M15.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this