Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Negeri 35 Jakarta

Text

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMA Negeri 35 Jakarta



Pemahaman konsep matematis berguna dalam memahami suatu konsep secara bermakna bukan dengan cara menghafal. Kemampuan pemahaman konsep matematis menjadi salah satu kemampuan matematis yang penting untuk dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran matematika. Model pembelajaran yang tepat dan didukung oleh media pembelajaran yang tepat serta menarik perhatian siswa akan memberikan pengaruh pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan Geobebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA Negeri 35 Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang digunakan dalam penelian ini berupa 6 soal uraian yang telah dinyatakan valid. Populasi target pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 35 Jakarta. Populasi terjangkau penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI siswa SMA Negeri 35 Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah two stage sampling. Pertama, dengan purposive sampling yaitu dipilih guru A yang mengajar tiga kelas, lalu setelah lulus uji prasyarat analisis data sebelum perlakuan, dilakukan pemilihan 2 kelas dari 3 kelas yang sudah lulus uji prasyarat analisis dengan teknik cluster random sampling untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Berdasarkan hasil pengujian prasyarat analisis data setelah perlakuan, kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki distribusi yang normal dan homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis statistik menggunakan uji t dengan taraf signifikan . Berdasarkan perhitungan hipotesis statistik, diperoleh dan . Nilai sehingga tolak sehingga diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan Geobebra terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA Negeri 35 Jakarta.


Ketersediaan

M1518021M15.18 021Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M15.18 021
Penerbit Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3115130753
Klasifikasi
M15.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this