Image of Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Melalui Penerapan Pendekatan Concrete-Representational-Abstract (CRA) Siswa Kelas IX-C SMP Negeri 152 Jakarta

Text

Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Melalui Penerapan Pendekatan Concrete-Representational-Abstract (CRA) Siswa Kelas IX-C SMP Negeri 152 Jakarta



Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IX-C SMP Negeri 152 Jakarta melalui penerapan pendekatan Concrete-Representational-Abstract (CRA). Berdasarkan hasil observasi di kelas IX-C SMP Negeri 152 Jakarta, menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa rendah, sehingga perlu ditingkatkan. Penerapan pendekatan Concrete-Representational-Abstract (CRA) dapat menjadi alternatif dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di kelas. Terdapat tiga tahap pada pendekatan CRA. Tahap pertama yaitu concrete. Guru dan siswa memegang alat peraga. Guru menjelaskan unsur-unsur bangun ruang sisi lengkung, siswa mengamati penjelasan guru, dan menunjukkannya pula pada alat peraga yang dipegang. Tahap kedua yaitu representational. Siswa menggunting setiap bagian dari alat peraga dan menjadikannya jaring-jaring. Selanjutnya jaring-jaring bangun ruang tersebut ditempel pada kertas dan siswa menuliskan unsur-unsurnya. Tahap ketiga yaitu abstract. Siswa berdiskusi bersama kelompoknya untuk menyelesaikan kegiatan yang terdapat pada LKS.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Kegiatan pembelajaran pada setiap siklus dilakukan dengan menerapkan pendekatan CRA. Terdapat enam subjek penelitian yaitu dua siswa yang memiliki kemampuan akademik di atas rata-rata, dua siswa memiliki kemampuan akademik rata-rata, dan dua siswa memiliki kemampuan akademik di bawah rata-rata. Siswa diberikan tes akhir siklus untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Waktu pelaksanaan penelitian berlangsung pada bulan Agustus sampai bulan September 2017 di kelas IX-C SMP Negeri 152 Jakarta tahun ajaran 2017-2018. Siswa di kelas IX-C berjumlah 36 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan pendekatan CRA dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hal tersebut berdasarkan pada peningkatan nilai rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematika selama tiga siklus. Rata-rata nilai kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas IX-C pada siklus I yaitu 59,31 meningkat pada siklus II menjadi 77,48 dan meningkat kembali pada siklus III menjadi 87,76. Pada siklus I hanya 19,44% siswa yang mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus II meningkat menjadi 77,78% dan pada siklus III meningkat menjadi 88,89%.


Ketersediaan

M1518023M15.18 023Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M15.18 023
Penerbit Program Studi Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3115130789
Klasifikasi
M15.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this