Image of Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Kelas X

Text

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Kelas X



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis mind mapping terhadap siswa SMA kelas X pada materi gerak melingkar, (2) mendeskripsikan aktivitas belajar fisika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis mind mapping terhadap hasil belajar fisika siswa SMA, (3) mengoptimalkan aktivitas belajar fisika melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis mind mapping terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 11 Jakarta. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik cluster sampling yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah sample 60 siswa. Metode pada penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design, sedangkan instrumen yang digunakan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja siswa (LKS), penugasan dalam bentuk mind mapping dan lembar soal tes pilihan ganda dalam ranah kognitif yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Hasil rata – rata nilai post-test pada kelas eksperimen yaitu 77,60 dan pada kelas kontrol yaitu 72,13. Hasil perhitungan uji hipotesis pada penelitian ini didapatkan t hitung 1,75 dan t tabel 1,67. Karena t hitung lebih besar dari t tabel maka Ho ditolak dan H1 diterima. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis mind mapping terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Hasil dari penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil tes pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pada model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis mind mapping terhadap hasil belajar fisika siswa di SMA Muhammadiyah 11 Jakarta.


Ketersediaan

F1518003F15.18 003Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F15.18 003
Penerbit Program Studi Pendidikan Fisika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3215130837
Klasifikasi
F15.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this