Image of Pengembangan Set Praktikum Konduksi Panas untuk SMA

Text

Pengembangan Set Praktikum Konduksi Panas untuk SMA



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan set praktikum konduksi panas untuk SMA. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya intensitas praktikum pada materi konduksi panas yang disebabkan beberapa hambatan yang dialami guru dan masih minimnya alat praktikum yang menggunakan teknologi. Sementara itu bidang pendidikan dituntut untuk dapat menghasilkan siswa yang memiliki keterampilan abad 21 seperti keterampilan berpikir kritis dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Ketrampilan berpikir kritis dapat dilatih dengan metode praktikum, sedangkan keterampilan teknologi, informasi dan komunikasi dapat dilatih dengan menggunakan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Set praktikum ini digunakan untuk mempelajari proses dan faktor yang mempengaruhi laju perpindahan panas oleh konduksi. Set praktikum ini terdiri dari alat praktikum, modul praktikum elektronik, dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan (research & development) yang dirancang oleh Walter Dick dan Lou Carey dengan sepuluh tahap pengembangan. Subjek dalam penelitian pengembangan ini yaitu ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, guru fisika dan siswa kelas XI MIPA SMA 87 Jakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, yang dilakukan untuk menilai set praktikum dari aspek isi dan konsep materi; efektivitas, efisiensi dan desain; serta kegiatan pembelajaran. Data tersebut dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan uji validasi menggunakan instrumen berskala 5 likert diperoleh hasil validasi materi 93%, validasi media 82,86% dan validasi pembelajaran 90.72% dengan interpretasi “sangat baik”. Setelah dilakukan revisi, set praktikum ini dilakukan uji lapangan oleh guru fisika yang mendapatkan hasil 89,29% dengan interpretasi “sangat baik” dan uji lapangan oleh 35 siswa mendapatkan hasil 87.33% dengan interpretasi “sangat baik”. Sehingga produk set praktikum konduksi panas sudah dapat dikatakan layak sebagai media pembelajaran untuk SMA.


Ketersediaan

F1518009F15.18 009Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F15.18 009
Penerbit Program Studi Pendidikan Fisika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3215133234
Klasifikasi
F15.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this