Image of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN “KAJIAN
FIFIS TENTANG PESAWAT TERBANG” UNTUK SISWA SMA

Text

PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN “KAJIAN FIFIS TENTANG PESAWAT TERBANG” UNTUK SISWA SMA



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pengembangan buku pengayaan pengetahuan “kajian fisis tentang pesawat terbang” untuk siswa SMA sebagai bahan ajar dalam program pengayaan. Penelitian ini mengacu pada metode Research dan Development didalam rumusan ADDIE dengan menghasilkan produk tertentu dan menguji kelayakan produk tersebut. Beberapa tahapan dalam penelitian ini meliputi beberapa tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan pembagian kuisioner. Kemudian, data tersebut dianalisis dengan menggunakan Skala Likert. Adapun penilaian produk melibatkan tiga orang ahli, yaitu ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi 85,45%, ahli media 91,18% dengan interpretasi “Sangat Layak” dan ahli pembelajaran 75,38% dengan interpretasi “Layak”. Uji gain dilakukan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan siswa. Berdasarkan hasil uji gain diperoleh skor 0,61 yang menunjukkan kategori sedang. Berdasarkan uji kelayakan dan uji gain, dapat disimpulkan bahwa buku pengayaan pengetahuan “Kajian Fisis Tentang Pesawat Terbang” dinyatakan layak sebagai salah satu bahan ajar dalam program pengayaan dan dapat meningkatkan pengetahuan siswa.


Ketersediaan

F1518016F15.18 016Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F15.18 016
Penerbit Program Studi Pendidikan Fisika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3215140603
Klasifikasi
F15.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this