Image of Studi Sifat Listrik Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) Coating menggunakan Eksraksi Kulit Buah Rambutan (Nephelium lappaceum)

Text

Studi Sifat Listrik Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) Coating menggunakan Eksraksi Kulit Buah Rambutan (Nephelium lappaceum)



Telah dilakukan penelitian pembuatan Dye Sensitized Solar Cell (DSSC) dengan menggunakan dye hasil ekstraksi kulit buah rambutan sebagai dye alami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat listrik yang dimiliki DSSC tersebut. Struktur DSSC berbentuk sandwich yang terdiri dari kaca Tranparent Conducting Oxide (TCO) sebagai substrat, Titanium Dioxide (TiO2) sebagai bahan semikonduktor, dye alami sebagai donor elektron dan larutan elektrolit sebagai media untuk mentransfer elektron dan karbon sebagai fotoelektroda. Pada penelitian ini digunakan pasta TiO2 sebagai pelapis kaca konduktif dengan teknik Spray Pyrolysis, dye dari antosianin ekstrak kulit buah rambutan. Pengujian sifat listrik dilakukan melalui pengukuran arus dan tegangan listrik yang dihasilkan oleh sel DSSC yang disinari dengan menggunakan lampu LED sebagai sumber cahaya. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa efisiensi yang dihasilkan oleh DSSC dengan elektroda karbon adalah sebesar 0,281% dengan fill factor 0,796. Konduktivitas listrik yang dimiliki sel surya dengan elektroda karbon adalah 7.826 x10-6 S. Resistivitas listrik yang dimiliki sel surya dengan elektroda karbon adalah 1.37 x10-6 ohm.cm-1


Ketersediaan

F2518001F25.18 001Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F25.18 001
Penerbit Program Studi Fisika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3225111282
Klasifikasi
F25.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this