Detail Cantuman
Advanced Search![Image of Pengembangan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Calon Guru Kimia menggunakan Pedagogical and Professional-Experience Repertoires (PaP-eRs) pada Materi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur melalui Model Pembelajaran Kolaboratif](./lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/koleksi_skripsi.png.png&width=200)
Text
Pengembangan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Calon Guru Kimia menggunakan Pedagogical and Professional-Experience Repertoires (PaP-eRs) pada Materi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur melalui Model Pembelajaran Kolaboratif
Calon guru memiliki pengalaman yang masih minim untuk melakukan pembelajaran di dalam kelas, terutama dalam memanfaatkan teknologi untuk menunjang pembelajaran. Hal ini menyebabkan calon guru masih memiliki TPACK yang lebih rendah dibandingkan dengan guru berpengalaman. Untuk meningkatkan TPACK yang dimiliki oleh Calon Guru, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan berkolaborasi dengan guru berpengalaman menggunakan Pedagogical and Professional-Experience Repertoires (PaP-eRs). Model pembelajaran yang digunakan adalah Model Pembelajaran Kolaboratif, dimana pada model pembelajaran ini lebih menekankan pada pembangunan makna oleh siswa dari proses sosial yang bertumpu pada konteks belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Interpretive Research dan paradigma penelitian yang digunakan adalah Paradigma Interpretivisme. Metode ini digunakan untuk menganalisa data-data yang diperoleh yakni wawancara dengan guru, lembar observasi guru, CoRe Framework guru, jurnal reflektif siswa, jurnal reflektif calon guru, dan rubrik sebagai instrumen dalam mengukur pengembangan TPACK.
Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Jakarta. Subjek penelitian adalah guru kimia berpengalaman, peneliti, dan siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Jakarta. Materi pembelajaran kimia yang diberikan kepada siswa yaitu Materi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perkembangan TPACK calon guru selama 6 kali pertemuan mengajar di kelas. Perkembangan TPACK calon guru dikarenakan semakin bertambahnya pengalaman mengajar serta dengan berkolaborasi dengan guru berpengelaman, calon guru mendapatkan informasi mengenai materi dan cara mengajar yang dapat meningkatkan efektivitas calon guru dalam mengajar ke depannya.
Ketersediaan
K15.18 004 | K15.18 004 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
K15.18 004
|
Penerbit | Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2018 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
3315130941
|
Klasifikasi |
K15.18
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain