Image of Pengembangan Modul Elektronik Kimia untuk Siswa SMA Kelas XI pada Materi Koloid Sebagai Sumber Belajar Siswa

Text

Pengembangan Modul Elektronik Kimia untuk Siswa SMA Kelas XI pada Materi Koloid Sebagai Sumber Belajar Siswa



Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul elektronik Kimia pada Materi Koloid Sebagai Sumber Belajar Siswa. Pengembangan modul elektronik ini dilakukan dengan mengadaptasi tahapan-tahapan penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg & Gall yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: Analisis pendahuluan dan kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk, validasi oleh para ahli dan revisi, uji coba skala kecil dan revisi, uji coba skala besar, revisi tahap akhir. Penelitian ini dilaksanakan mulai November 2016 hingga Januari 2018. Modul elektronik ini dikembangkan dengan menggunakan aplikasi 3D PageFlip Professional. Hasil reliabilitas antar rater oleh ahli materi dan bahasa diperoleh angka 0,93, sedangkan hasil reliabilitas antar rater oleh ahli media diperoleh sebesar 0,99. Hasil uji coba skala kecil siswa dari keseluruhan indikator diperoleh rentang 80% - 83,3% dengan interpretasi baik, sementara hasil uji coba skala kecil pada guru diperoleh rentang 70% - 100% dengan interpretasi baik sampai dengan baik sekali. Hasil uji coba skala besar siswa dari keseluruhan indikator diperoleh persentase dengan rentang 82,83% - 86,83% dengan interpretasi baik, hasil uji coba skala besar guru diperoleh rentang 70% - 100% dengan interpretasi baik sampai dengan baik sekali. Interpretasi penilaian modul elektronik oleh para ahli, siswa, dan guru secara keseluruhan memiliki interpretasi “Baik” hingga “Sangat Baik” pada tiap indikator penilaian. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa modul elektronik koloid yang telah dikembangkan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar siswa sesuai dengan kebutuhan siswa.


Ketersediaan

K1518005K15.18 005Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
K15.18 005
Penerbit Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3315133595
Klasifikasi
K15.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this