Image of Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terintegrasi Nilai-nilai Religius Terhadap Motivasi Belajar
Siswa pada Materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi

Text

Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Terintegrasi Nilai-nilai Religius Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi"



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual terintegrasi nilai-nilai religius terhadap motivasi belajar siswa pada materi hidrokarbon dan minyak bumi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Experiment, Control Group Pretest Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan pendekatan pembelajaran kontekstual terintegrasi nilai-nilai religius sedangkan pada kelas kontrol diberikan perlakuan pendekatan pembelajaran kontekstual. Hasil uji t yaitu thitung sebesar 7,65 > ttabel sebesar 2,04 dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh positif penggunaan pendekatan pembelajaran kontekstual terintegrasi nilai religius terhadap motivasi belajar siswa pada materi hidrokarbon dan minyak bumi. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual terintegrasi nilai-nilai religius dapat meningkatkan motivasi belajar siswa karena siswa merasa materi pembelajaran sangat erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari serta adanya nilai-nilai religius dalam pembelajaran karena materi yang siswa pelajari sesuai dengan kandungan AL-Qur’an yang menjadi panutan bagi kehidupan. Oleh karenanya perlu adanya pengimplementasian pendekatan pembelajaran kontekstual yang diintegrasikan dengan nilai-nilai religius guna meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga diharapkan siswa tidak hanya menjadi pribadi yang cerdas namun juga berakhlak mulia.


Ketersediaan

K1518006K15.18 006Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
K15.18 006
Penerbit Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3315133597
Klasifikasi
K15.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this