Image of Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing pada Materi Termokimia untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa

Text

Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing pada Materi Termokimia untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa



Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 100 Jakarta melalui metode pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada materi termokimia. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah 36 orang siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 100 Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi termokimia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 100 Jakarta. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif (pengetahuan) siswa sebelum dilaksanakan tindakan adalah 6,39 (pre-test). Kemudian nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah dilaksanakan tindakan siklus I berupa pelaksanaan dengan metode inkuiri terbimbing adalah 6,94 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah dilaksanakan tindakan tindakan siklus II dengan metode pembelajaran inkuiri terbimbing adalah 85. Keberhasilan ini didukung dengan terjadinya peningkatan skor pada setiap indikator aspek afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan). Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi termokimia dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, pemahaman siswa pun bertambah setelah mempelajari materi termokimia melalui berbagai situasi dan kejadian yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga hasil belajar siswa pun mengalami peningkatan.


Ketersediaan

K1518010K15.18 010Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
K15.18 010
Penerbit Program Studi Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3315130949
Klasifikasi
K15.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this