Detail Cantuman
Advanced SearchText
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA Kelas X
Pendidikan merupakan kunci untuk semua kemajuan dan perkembangan yang berkualitas. Proses pembelajaran yang berkualitas dapat tercipta apabila peserta didik dan guru berperan aktif didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap hasil belajar biologi peserta didik SMA kelas X di SMA 91 Jakarta Timur. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe learning together, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar biologi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode simple random sampling dan data penelitian diperoleh melalui metode observasi dan post test hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar yang berbeda antara kelas eksperimen dan kontrol. Uji prasyarat analisis menunjukan data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan Independent T-test memiliki p-value > 0,05 oleh karena itu terima Ho yang berarti tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap hasil belajar biologi peserta didik SMA kelas X.
Ketersediaan
B1518009 | B15.18 009 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
B15.18 009
|
Penerbit | Program Studi Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2018 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
3415136408
|
Klasifikasi |
B15.18
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain