Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA Kelas X

Text

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Learning Together terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA Kelas X



Pendidikan merupakan kunci untuk semua kemajuan dan perkembangan yang berkualitas. Proses pembelajaran yang berkualitas dapat tercipta apabila peserta didik dan guru berperan aktif didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap hasil belajar biologi peserta didik SMA kelas X di SMA 91 Jakarta Timur. Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe learning together, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar biologi. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode simple random sampling dan data penelitian diperoleh melalui metode observasi dan post test hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar yang berbeda antara kelas eksperimen dan kontrol. Uji prasyarat analisis menunjukan data berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan Independent T-test memiliki p-value > 0,05 oleh karena itu terima Ho yang berarti tidak terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe learning together terhadap hasil belajar biologi peserta didik SMA kelas X.


Ketersediaan

B1518009B15.18 009Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
B15.18 009
Penerbit Program Studi Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3415136408
Klasifikasi
B15.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this