Image of Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Film Pendek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Saraf Peserta Didik SMA

Text

Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Film Pendek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Saraf Peserta Didik SMA



Salah satu masalah dalam pendidikan di Indonesia yaitu masih adanya miskonsepsi yang dialami oleh peserta didik sekolah menengah atas (SMA). Miskonsepsi pada materi Sistem Saraf secara keseluruhan yaitu sebesar 25.47%. Pada sub materi mekanisme impuls saraf terdapat miskonsepsi sebesar 4.37% dengan persentase jumlah peserta didik yang tidak paham paling tinggi dibanding sub materi lain yaitu sebesar 8.26%. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Biologi berupa film pendek pada materi Sistem Saraf, khususnya materi mekanisme impuls saraf. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah metode Research and Development model pengembangan Borg dan Gall. Validasi dilakukan oleh 2 ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Analisis data menggunakan uji Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas dan uji F digunakan untuk uji homogenitas. Uji efektivitas menggunakan uji t. Hasil menunjukan bahwa media pembelajaran hasil pengambangan berkategori baik sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran juga efektif untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran impuls saraf.


Ketersediaan

B1518010B15.18 010Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
B15.18 010
Penerbit Program Studi Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3415140722
Klasifikasi
B15.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this