Image of Hubungan Self Confidence dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koodinasi

Text

Hubungan Self Confidence dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koodinasi



i
ABSTRAK
MERDA SUSANTI. Hubungan Self Confidence dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koordinasi. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta. 2017.
Hasil belajar merupakan sesuatu yang dicapai oleh peserta didik setelah melewati proses pembelajaran. Hasil belajar berhubungan dengan self confidence dan motivasi. Self confidence merupakan keyakinan terhadap diri sendiri mengenai kemampuan yang ada dalam dirinya, sedangkan motivasi merupakan dorongan dalam diri seseorang untuk melakukan aktivitas demi mencapai suatu tujuan tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self confidence dan motivasi dengan hasil belajar peserta didik materi Sistem Koordinasi. Penelitian ini dilakukan pada semester I 2017/2018 dan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan uji korelasional. Pengambilan sample dilakukan dengan teknik multistage sampling dengan jumlah sampel sebanyak 85 peserta didik SMA Negeri 89 Jakarta. Uji prasyarat menunjukan data berdistribusi normal dan homogen. Terdapat hubungan positif yang sangat kuat antara self confidence dengan hasil belajar yang menghasilkan persamaan . = 0,961 + 0,592X, dengan koefisien korelasi sebesar 0,812, koefisien determinasi sebesar 0,659 dan kontribusi sebesar 65,9%. Terdapat hubungan positif yang kuat antara motivasi dengan hasil belajar yang menghasilkan persamaan . = 23,910 + 0,551X2, dengan koefisien korelasi sebesar 0,703, koefisien determinasi sebesar 0,494 dan kontibusi sebesar 49,4%. Terdapat hubungan positif yang sangat kuat antara self confidence dan motivasi dengan hasil belajar yang menghasilkan persamaan . = 1,384 + 0,483X1.+ 0,154X2, dengan koefisien korelasi sebesar 0,811, koefisisen determinasi sebesar 0,658 dan kontibusi sebesar 65,8%.


Ketersediaan

B1518013B15.18 013Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
B15.18 013
Penerbit Program Studi Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : jakata.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3415133058
Klasifikasi
B15.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this