Image of Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap Self-Efficacy dan Peningkatan Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA Negeri di Kabupaten Tangerang

Text

Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap Self-Efficacy dan Peningkatan Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA Negeri di Kabupaten Tangerang



Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi kemampuan self-efficacy dan peningkatan kemampuan penyelesaian masalah matematis siswa melalui pembelajaran dengan menggunakan metode Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain kontrol tes akhir untuk kemampuan self-efficacy matematis dan pre-test post-test untuk kemampuan penyelesaian masalah matematis ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-IPA di SMA 3 dan SMA 4 Kabupaten Tangerang pada semester ganjil Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 96 orang. Hasil penelitian ini adalah (1) Peningkatan kemampuan penyelesaian masalah matematis siswa yang diberi perlakuan metode PBM lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (2) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan Kemampuan Awal Matematika (KAM) terhadap peningkatan kemampuan penyelesaian masalah matematis; (3) Terdapat peningkatan kemampuan penyelesaian masalah matematis pada siswa KAM tinggi; (4) Tidak terdapat peningkatan kemampuan penyelesaian masalah matematis pada siswa KAM rendah; (5) Self-efficacy siswa yang diberi perlakuan metode PBM lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (6) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan KAM terhadap self-efficacy siswa; (7) Terdapat perbedaan self-efficacy pada siswa KAM tinggi; (8) Tidak terdapat perbedaan self-efficacy pada siswa KAM rendah.


Ketersediaan

M3618006M36.18 006Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M36.18 006
Penerbit Program Magister Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3136259252
Klasifikasi
M36.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this