Image of Pengembangan E-Modul Berbasis Web untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis dan Listrik Dinamis SMA

Text

Pengembangan E-Modul Berbasis Web untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis dan Listrik Dinamis SMA



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-Modul berbasis web untuk
meningkatkan pencapaian kompetensi pengetahuan fisika SMA pada
bahasan listrik statis dan listrik dinamis . Metode penelitian yang digunakan
adalah research and development menggunakan model ADDIE (Analyze-
Design-Development-Implementation-Evaluation). Objek dalam penelitian
ini adalah siswa SMA kelas 12 dengan sample di 3 sekolah 2 sekolah
swasta, dan 1 sekolah Negeri di Tangerang Selatan. Instrument penelitian
yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, validasi ahli multimedia,
kusioner tanggapan guru profesional, kuisioner tanggapan siswa, dan
instrument soal pilihan ganda. Hasil validasi ahli materi menunjukkan 82,81
% (sangat baik). Hasil validasi ahli multimedia menunjukan 78,13% (sangat
baik). Hasil tanggapan guru fisika profesional meliputi seluruh aspek materi
dan multimedia sebesar 86,51 % (Sangat Baik), serta hasil tanggapan siswa
diperolah 79,98% (sangat baik). Untuk mengetahui peningkatan
pencapaian kompetensi pengetahuan dilakukan dengan cara memberikan
pre-tes, treatment, post-tes (One Group Pre-tes, Post-tes Design ) melauai
nilai N-gain, hasil penilaian pada materi listrik statis diperoleh N-gain 0,645
kategori sedang, dan pada listrik dinamis 0,71 kategori tinggi. Berdasarkan
data di atas, penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan e-modul
berbasis web pada materi listrik statis dan listrik dinamis dapat digunakan
sebagai multimedia pembelajaran dan dapat meningkatkan pencapaian
kompetensi pengetahuan peserta didik.


Ketersediaan

F3618004F36.18 004Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F36.18 004
Penerbit Program Magister Pendidikan Fisika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3236159198
Klasifikasi
F36.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this