Image of Studi Tentang Penerapan Pendekatan Brain Based Learning Melalui Integrasi Musik Dalam Pembelajaran Kimia Pada Materi Asam Basa Di SMA Negeri 5 Kabupaten Tangerang

Text

Studi Tentang Penerapan Pendekatan Brain Based Learning Melalui Integrasi Musik Dalam Pembelajaran Kimia Pada Materi Asam Basa Di SMA Negeri 5 Kabupaten Tangerang



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari pendekatan brain based learning melalui integrasi musik pada materi kimia asam basa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 di SMAN 5 Kabupaten Tangerang yang berjumlah 33 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif melalui teknik wawancara, observasi, reflektif jurnal siswa, dan reflektif jurnal guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pendekatan brain based learning melalui integrasi musik berhubungan dengan prinsip-prinsip pembelajaran brain based learning, yaitu otak adalah prosesor paralel, pembelajaran melibatkan seluruh fisiologi, pencarian makna adalah bawaan, pencarian makna terjadi melalui pola, emosi sangat penting untuk membentuk pola, setiap otak secara bersamaan merasakan dan menciptakan bagian dan keseluruhan. Hal lain yang terkait dengan prinsip pembelajaran brain based learning yaitu belajar melibatkan perhatian terfokus dan perhatian periferal, belajar selalu melibatkan proses sadar dan tidak sadar, dua jenis sistem memori: pembelajaran spasial dan hafalan, otak mengerti dan mengingat yang terbaik saat fakta dan keterampilan ada tertanam dalam memori spasial alami, pembelajaran ditingkatkan dengan tantangan dan terhambat oleh ancaman, setiap otak itu unik. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan brain based learning berdampak terhadap motivasi, rasa ingin tahu, pemahaman konsep, kreativitas, komunikasi dan kolaborasi dan literasi sains siswa. Pendekatan brain based learning dapat digunakan untuk mempelajari konsep asam basa dengan cara yang menyenangkan.


Ketersediaan

K3618001K36.18 001Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
K36.18 001
Penerbit Program Magister Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3336159152
Klasifikasi
K36.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this