Detail Cantuman
Advanced Search![Image of Pengaruh Model Brain Based Learning dan Regulasi Diri Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Koloid](./lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/koleksi_tesis.png.png&width=200)
Text
Pengaruh Model Brain Based Learning dan Regulasi Diri Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Koloid
Materi kimia yang sarat akan konsep dan perlu dipahami siswa salah satunya materi koloid. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di beberapa sekolah menemukan 70% guru kimia mengemukakan bahwa materi koloid memiliki karakteristk seperti di atas, namun yang terjadi siswa kurang berminat mempelajarinya, hal ini mengakibatkan pemahaman konsepnya tidak maksimal. Dengan demikian diperlukan model pembelajaran yang memaksimalkan potensi otak baik aspek kognitif dan emosi. Salah satu pembelajaran yang mengoptimal potesi otak yaitu Brain Based Learning (BBL). Tujuan utama dari penelitian ini yaitu untuk mendapat informasi tentang pengaruh model pembelajaran (BBL dan TGT) dan regulasi diri terhadap pemahaman konsep koloid siswa. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 3 Tidore, dengan jumlah 60 siswa di kelas XI. Berdasarkan hasil analisis dengan ANAVA 2 jalur, menunjukan bahwa (1) pemhaman konsep koloid siswa lebih baik jika diajarkan dengan BBL daripada TGT, (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan regulasi diri terhadap pemahaman konsep siswa,(3) Pemahaman konsep siswa yang memiliki regulasi diri tinggi lebih baik jika diajarkan dengan BBL, karena siswa yang memiliki regulasi diri tinggi mempunyai motivasi dan kemandirian dalam menyelesaikan tantangan, (4) Sementara pemahaman konsep siswa dengan regulasi diri rendah lebih baik jika diajarkan dengan TGT, Karena dengan adanya kelompok yang heterogen dalam TGT mendukung siswa yang memiliki tregulasi diri rendah untuk berkolaborasi dengan anggota kelompoknya sehingga pemahaman pemahaman konsep dapat terjadi dengan baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model BBL dan regulasi diri terhadap pemahamn konsep siswa.
Ketersediaan
K3618003 | K36.18 003 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
K36.18 003
|
Penerbit | Program Magister Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2018 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
3336159150
|
Klasifikasi |
K36.18
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain