Detail Cantuman
Advanced SearchText
Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem pada Siswa SMA Kelas X
Permasalahan yang menjadi perhatian serius dalam dunia pendidikan adalah persoalan tinggi rendahnya hasil belajar siswa. Hasil belajar yang baik akan dapat dicapai apabila siswa memiliki efikasi diri dan kemandirian belajar dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar biologi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan desain faktorial 2x2. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah 74 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket efikasi diri dan kemandirian belajar serta hasil belajar. Pengujian prasyarat yang dilakukan data berdistribusi normal menggunakan uji Kolmogorov Smirnov dan homogen menggunakan uji Bartlet. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa efikasi diri tidak berpengaruh terhadap hasil belajar, kemandirian belajar berpengaruh terhadap hasil belajar, dan tidak terdapat pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa SMAN 2 Bekasi.
Ketersediaan
B3618001 | B36.18 001 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
B36.18 001
|
Penerbit | Program Magister Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2018 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
3436149231
|
Klasifikasi |
B36.18
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain