Image of Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem pada Siswa SMA Kelas X

Text

Pengaruh Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem pada Siswa SMA Kelas X



Permasalahan yang menjadi perhatian serius dalam dunia pendidikan adalah persoalan tinggi rendahnya hasil belajar siswa. Hasil belajar yang baik akan dapat dicapai apabila siswa memiliki efikasi diri dan kemandirian belajar dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar biologi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan desain faktorial 2x2. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah 74 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket efikasi diri dan kemandirian belajar serta hasil belajar. Pengujian prasyarat yang dilakukan data berdistribusi normal menggunakan uji Kolmogorov Smirnov dan homogen menggunakan uji Bartlet. Berdasarkan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa efikasi diri tidak berpengaruh terhadap hasil belajar, kemandirian belajar berpengaruh terhadap hasil belajar, dan tidak terdapat pengaruh efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa SMAN 2 Bekasi.


Ketersediaan

B3618001B36.18 001Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
B36.18 001
Penerbit Program Magister Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3436149231
Klasifikasi
B36.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this