Image of Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Kinerja Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA

Text

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Kinerja Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA



Model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kinerja ilmiah merupakan faktor penting yang berpengaruh dalam proses pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk : 1. Mengetahui pengaruh dari metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa, 2. Mengetahui pengaruh kinerja ilmiah terhadap hasil belajar siswa, 3. Mengetahui interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kinerja ilmiah terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem Ekskresi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 10 Pandeglang pada semester genap. Desain penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mengukur aktifitas siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 SMAN 10 Pandeglang yang berjumlah 60 siswa. Pengambilan sampel dengan simple random sampling. Data dianalisis menggunakan uji anava dua jalur Berdasarkan analisis data diperoleh nilai tertinggi hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 90 dan 85 dengan rata-rata 82 dan 72. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh dari metode pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa, (2) Terdapat pengaruh kinerja ilmiah terhadap hasil belajar siswa, (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kinerja ilmiah terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Berdasarkan simpulan penelitian, saran yang direkomendasikan bahwa dituntut kemampuan guru untuk menggali segala potensi dan kinerja ilmiah siswa


Ketersediaan

B3618005B36.18 005Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
B36.18 005
Penerbit Program Magister Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3436159130
Klasifikasi
B36.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this