Image of Hubungan Efikasi Diri dan Penalaran Ilmiah Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA

Text

Hubungan Efikasi Diri dan Penalaran Ilmiah Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA



Efikasi diri dan penalaran ilmiah merupakan faktor internal dalam diri
siswa yang memiliki peran penting untuk hasil belajar siswa. Siswa dengan
efikasi diri dan penalaran ilmiah yang tinggi akan mencapai hasil belajar yang
tinggi dan begitu juga sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan antara efikasi diri dengan hasil belajar, hubungan penalaran ilmiah
dengan hasil belajar, serta hubungan efikasi diri dan penalaran ilmiah secara
bersama-sama dengan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Sampel penelitian diperoleh
dengan menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh 85
siswa. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regesi korelasi. Hasil
penelitian yang diperoleh dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa: 1)
terdapat hubungan positif antara efikasi diri dengan hasil belajar biologi siswa, 2)
terdapat hubungan positif antara penalaran ilmiah dengan hasil belajar biologi,
dan terdapat hubungan positif antara efikasi diri dan penalaran ilmiah secara
bersama-sama dengan hasil belajar biologi siswa.


Ketersediaan

B3618008B36.18 008Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
B36.18 008
Penerbit Program Magister Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3436159148
Klasifikasi
B36.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this