Detail Cantuman
Advanced SearchText
Hubungan Efikasi Diri dan Penalaran Ilmiah Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA
Efikasi diri dan penalaran ilmiah merupakan faktor internal dalam diri
siswa yang memiliki peran penting untuk hasil belajar siswa. Siswa dengan
efikasi diri dan penalaran ilmiah yang tinggi akan mencapai hasil belajar yang
tinggi dan begitu juga sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan antara efikasi diri dengan hasil belajar, hubungan penalaran ilmiah
dengan hasil belajar, serta hubungan efikasi diri dan penalaran ilmiah secara
bersama-sama dengan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Sampel penelitian diperoleh
dengan menggunakan teknik simple random sampling sehingga diperoleh 85
siswa. Data dianalisis menggunakan teknik analisis regesi korelasi. Hasil
penelitian yang diperoleh dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa: 1)
terdapat hubungan positif antara efikasi diri dengan hasil belajar biologi siswa, 2)
terdapat hubungan positif antara penalaran ilmiah dengan hasil belajar biologi,
dan terdapat hubungan positif antara efikasi diri dan penalaran ilmiah secara
bersama-sama dengan hasil belajar biologi siswa.
Ketersediaan
B3618008 | B36.18 008 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
B36.18 008
|
Penerbit | Program Magister Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2018 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
3436159148
|
Klasifikasi |
B36.18
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain