Image of Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching
Terintegrasi Mind Map dan Ketekunan Terhadap Retensi Siswa pada Konsep Kingdom Animalia

Text

Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terintegrasi Mind Map dan Ketekunan Terhadap Retensi Siswa pada Konsep Kingdom Animalia



Rendahnya hasil belajar siswa pada konsep Kingdom Animalia menunjukkan
perlunya peningkatan retensi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terintegrasi
mind map dan ketekunan terhadap retensi siswa pada konsep Kingdom
Animalia. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen
dengan desain faktorial 2 x 2. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil
belajar dan angket ketekunan siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas X
IPA 1 dan 2 SMAN 49 Jakarta yang berjumlah 72 siswa. Pengambilan
sampel dengan simple random sampling. Data dianalisis menggunakan uji
anava dua jalur pada α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1).
Terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terintegrasi mind
map terhadap retensi siswa dengan (p = 0,03). 2). Terdapat pengaruh
ketekunan terhadap retensi siswa dengan (p= 0,00). 3) Terdapat interaksi
antara model pembelajaran reciprocal teaching terintegrasi mind map dan
ketekunan terhadap terhadap retensi siswa dengan (p = 0,031).


Ketersediaan

B3618009B36.18 009Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
B36.18 009
Penerbit Program Magister Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3436159127
Klasifikasi
B36.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this