Image of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based  Learning ( PBL) dan Kemampuan Berpikir Kritis  Terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem Siswa SMP.

Text

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL) dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem Siswa SMP.



Model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis merupakan faktor penting yang berpengaruh dalam proses pembelajaran. Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang menekankan pada penyelesaian masalah, sedangkan kemampuan berpikir kritis juga dibutuhkan dalam memecahkan masalah agar siswa mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar materi ekosistem siswa SMP. Penelitian ini dilakukan pada semester 2 di SMPN 71 Jakarta tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan untuk hasil belajar berupa pertanyaan soal pilihan ganda dan untuk kemampuan berpikir kritis adalah berupa soal uraian. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis anava dua arah, dan dilanjutkan dengan uji tukey. Analisis data ditinjau berdasarkan data keseluruhan hasil tes. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar ekosistem siswa SMP, 2) terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar ekosistem siswa SMP, 3) terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar ekosistem siswa SMP


Ketersediaan

B3618010B36.18 010Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
B36.18 010
Penerbit Program Magister Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3436159145
Klasifikasi
B36.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this