Detail Cantuman
Advanced SearchText
Pengembangan Eco-Friendly Website dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Proyek pada Materi Pencemaran Lingkungan
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan eco-friendly website dalam
pembelajaran Biologi berbasis proyek pada materi pencemaran lingkungan
berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan
strategi pengembangan Borg dan Gall. Data penelitian dikumpulkan dengan
menggunakan angket evaluasi kualitas eco-friendly website, angket sikap
dan tindakan pro-lingkungan, lembar penilaian portofolio, soal pretest dan
posttest, angket respon siswa dan lembar wawancara. Eco-friendly website
dapat diakses pada http://www.ecofriendly.web.id. Hasil analisis data
dan pembahasan membuktikan bahwa (1) Kelayakan eco-friendly website
berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan peer reviewer adalah
sangat baik; berdasarkan penilaian siswa adalah baik. (2) Kemampuan
kognitif siswa mengalami peningkatan setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran Biologi dengan diterapkannya eco-friendly website. (3) Sikap
pro-lingkungan siswa termasuk kriteria baik. (4) Tindakan pro-lingkungan
siswa termasuk kriteria baik. (5) Terdapat korelasi yang signifikan antar
sikap pro-lingkungan dengan kemampuan kognitif siswa. (6) Terdapat
korelasi yang signifikan antara kemampuan kognitif dan tindakan prolingkungan
siswa. (7) Terdapat korelasi yang signifikan antara sikap dan
tindakan pro-lingkungan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan
dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas penerapan
eco-friendly website terhadap peningkatan minat dan motivasi belajar dan
variabel penelitian lainnnya. Selain itu, eco-friendly website dapat
dikembangkan menjadi mobile apps yang dapat diakses di berbagai gawai
berbasis Android maupun iOS.
Ketersediaan
B3618013 | B36.18 013 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
M36.18 011
|
Penerbit | Program Magister Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2018 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
3436149236
|
Klasifikasi |
M36.18
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain