Image of Pengembangan Eco-Friendly Website dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Proyek pada Materi Pencemaran Lingkungan

Text

Pengembangan Eco-Friendly Website dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Proyek pada Materi Pencemaran Lingkungan



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan eco-friendly website dalam
pembelajaran Biologi berbasis proyek pada materi pencemaran lingkungan
berdasarkan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan
strategi pengembangan Borg dan Gall. Data penelitian dikumpulkan dengan
menggunakan angket evaluasi kualitas eco-friendly website, angket sikap
dan tindakan pro-lingkungan, lembar penilaian portofolio, soal pretest dan
posttest, angket respon siswa dan lembar wawancara. Eco-friendly website
dapat diakses pada http://www.ecofriendly.web.id. Hasil analisis data
dan pembahasan membuktikan bahwa (1) Kelayakan eco-friendly website
berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan peer reviewer adalah
sangat baik; berdasarkan penilaian siswa adalah baik. (2) Kemampuan
kognitif siswa mengalami peningkatan setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran Biologi dengan diterapkannya eco-friendly website. (3) Sikap
pro-lingkungan siswa termasuk kriteria baik. (4) Tindakan pro-lingkungan
siswa termasuk kriteria baik. (5) Terdapat korelasi yang signifikan antar
sikap pro-lingkungan dengan kemampuan kognitif siswa. (6) Terdapat
korelasi yang signifikan antara kemampuan kognitif dan tindakan prolingkungan
siswa. (7) Terdapat korelasi yang signifikan antara sikap dan
tindakan pro-lingkungan siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan
dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas penerapan
eco-friendly website terhadap peningkatan minat dan motivasi belajar dan
variabel penelitian lainnnya. Selain itu, eco-friendly website dapat
dikembangkan menjadi mobile apps yang dapat diakses di berbagai gawai
berbasis Android maupun iOS.


Ketersediaan

B3618013B36.18 013Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Baca di Tempat

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M36.18 011
Penerbit Program Magister Pendidikan Biologi; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3436149236
Klasifikasi
M36.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this