Image of Pengaruh Model Koopertaif Tipe Think-Pair-Share terhadap Kemampuan Penyelesaian Masalah dan Disposisi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika SMP Swasta Islam di Tangerang Selatan

Text

Pengaruh Model Koopertaif Tipe Think-Pair-Share terhadap Kemampuan Penyelesaian Masalah dan Disposisi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika SMP Swasta Islam di Tangerang Selatan



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematis dan disposisi matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah factorial design 2 x 2 by level. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes untuk mengukur kemampuan penyelesaian masalah dan angket untuk mengukur disposisi matematis. Analisis data menggunakan ANAVA dua jalur dan uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan penyelesaian masalah siswa yang belajar menggunakan model kooperatif TPS lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional, (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematis siswa, (3) terdapat perbedaan kemampuan penyelesaian masalah matematis antara siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi yang belajar dengan model kooperatif TPS dan model pembelajaran konvensional, (4) tidak terdapat perbedaan secara signifikan kemampuan penyelesaian masalah matematis antara yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif TPS dan konvensional kelompok KAM rendah, (5) disposisi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif TPS lebih tinggi dari pada model pembelajaran konvensional, (6) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap disposisi matematis siswa, (7) terdapat perbedaan kemampuan disposisi matematis antara siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif TPS dan model pembelajaran konvenisonal, (8) tidak terdapat perbedaan secara signifikan disposisi matematis antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif TPS dan konvensional kelompok KAM rendah.


Ketersediaan

M3618013M36.18 013Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Belum Masuk Rak (Referensi)

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M36.18 013
Penerbit Program Magister Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3136159235
Klasifikasi
M36.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this