Image of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Perbandingan Disposisi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika

Text

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Treffinger terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Perbandingan Disposisi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis serta perbandingan disposisi matematis siswa kelas X kota Jakarta Pusat. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment (eksperimen semu). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Swasta terakreditasi A kelas X di Jakarta Pusat. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah siswa SMAK 3 Penabur Jakarta. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Sampel pada penelitian siswa kelas X IPA SMA Kristen 3 Penabur Jakarta tahun ajaran 2016-2017. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan awal matematika untuk melihat kemampuan awal siswa, tes awal dan tes akhir untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, angket disposisi untuk melihat sejauh mana disposisi matematis siswa terhadap pelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: Pertama terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat perlakuan model Treffinger dan yang mendapat perlakuan model konvensional. Kedua tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Ketiga tidak terdapat perbedaan disposisi matematis yang signifikan antar siswa yang mendapat perlakuan dengan model Treffinger dengan siswa yang mendapat perlakuan model konvensional.


Ketersediaan

M3618015M36.18 015Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Belum Masuk Rak (Referensi)

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M36.18 015
Penerbit Program Magister Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3136149170
Klasifikasi
M36.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this