Detail Cantuman
Advanced SearchText
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two terhadap Pemahaman Konsep Matematika dan Kecemasan Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa di SMP Islam Swasta Kota Serang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe the power of two terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika dan kecemasan matematika siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Pariskian Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan skala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional; (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika; (3) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two lebih tinggi dari siswa model pembelajaran konvensional; (4) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan kemampuan awal matematika rendah, antara yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif the power of two dengan model pembelajaran konvensional; (5) Kecemasan matematika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two lebih rendah daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional; (6) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kecemasan matematika; (7) Kecemasan matematika siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi, siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two lebih rendah daripada model pembelajaran konvensional; (8) Tidak terdapat perbedaan Kecemasan matematika siswa dengan kemampuan awal matematika rendah, antara yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe the power of two dengan model pembelajaran konvensional.
Ketersediaan
M3618017 | M36.18 017 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Belum Masuk Rak (Referensi) |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
M36.18 017
|
Penerbit | Program Magister Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2018 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
3136159259
|
Klasifikasi |
M36.18
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Anggi Rahmani
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain