Image of Pengaruh Model Pembelajaran STAD Dengan Strategi Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Self Directed Learning

Text

Pengaruh Model Pembelajaran STAD Dengan Strategi Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Self Directed Learning



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran STAD dengan strategi reciprocal teaching dalam meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self directed learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 221 dan SMP Negeri 65 Jakarta pada tahun 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah 63 siswa kelas VIII SMP Negeri 65 sebagai kelas ekperimen dan 64 siswa kelas VIII SMP Negeri 221 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan terdiri atas angket self directed learning serta tes kemampuan pemahaman dan komunikasi siswa. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa model pembelajaran STAD dengan strategi reciprocal teaching memiliki sintaks yang mampu mempengaruhi kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Siswa yang memiliki self directed learning tinggi maupun self directed learning rendah lebih cocok diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran STAD dengan strategi reciprocal teaching dari pada model pembelajaran konvensional.


Ketersediaan

M3618018M36.18 018Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Belum Masuk Rak (Referensi)

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M36.18 018
Penerbit Program Magister Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3136159217
Klasifikasi
M36.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this