Image of Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing terhadap Self Concept dan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika di Mts Swasta Kecamatan Bojong

Text

Pengaruh Metode Penemuan Terbimbing terhadap Self Concept dan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika di Mts Swasta Kecamatan Bojong



Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self concept siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa MTs Swasta di Kecamatan Bojong. Sampel penelitiannya adalah siswa MTs VIII yang berjumlah 104 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan lembar angket self-concept. Analisis data dilakukan terhadap rataan gain ternormalisasi antara dua kelompok sampel.
Hasil penelitian ini adalah (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi perlakuan metode penemuan terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (2) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematis siswa; (3) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa dengan KAM tinggi; (4) Tidak terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa dengan KAM rendah; (5) Peningkatan self-concept siswa yang diberi perlakuan metode penemuan terbimbing lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (6) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap peningkatan self-concept siswa, dan (7) Terdapat peningkatan self-concept pada siswa dengan KAM tinggi; (8) Tidak terdapat perbedaan self-concpet pada siswa dengan KAM rendah


Ketersediaan

M3618024M36.18 024Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Belum Masuk Rak (Referensi)

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
M36.18 024
Penerbit Program Magister Pendidikan Matematika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3136159238
Klasifikasi
M36.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this