Image of Pengembangan Alat Pemekar Berkas Cahaya Sejajar pada Lensa Gabungan untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa

Text

Pengembangan Alat Pemekar Berkas Cahaya Sejajar pada Lensa Gabungan untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat pemekar berkas cahaya sejajar untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development menggunakan model ADDIE (Analyze-Design-Development-Implementation-Evaluation). Responden dalam penelitian ini berjumlah 40 orang siswa SMA N 15 Bekasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli pembelajaran, lembar validasi guru fisika, lembar validasi instrument keterampilan proses sains, soal pilihan ganda. Hasil validasi ahli materi sebesar 82,33% (sangat baik), hasil validasi ahli media sebesar 78,89% (baik), hasil validasi ahli pembelajaran sebesar 75,00% (baik), hasil validasi guru fisika sebesar 76,00% (baik), hasil validasi instrument keterampilan proses sains sebesar 80,59% (baik), berdasarkan hasil penilaian terhadap keefektifan alat pada materi lensa gabungan, diperoleh N-gain sebesar skor 0,707324 Sehingga termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan meningkatnya skor hasil keterampilan proses sains siswa. Berdasarkan data diatas, penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan alat pemekar berkas cahaya sejajar dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa.


Ketersediaan

F3618016F36.18 016Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Belum Masuk Rak (Referensi)

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F36.18 016
Penerbit Program Magister Pendidikan Fisika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3236159187
Klasifikasi
F36.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this