Image of Pengembangan Ensiklopedia Alat Optik Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills Peserta Didik

Text

Pengembangan Ensiklopedia Alat Optik Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills Peserta Didik



Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan ensikopedia berbasis problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, Evaluation). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan kuesioner. Pengembangan ensiklopedia ini dilakukan di laboratorium fisika Universitas negeri Jakarta. Ensiklopedia ini telah dilakukan uji kelayakan oleh ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, dan ahli grafika, menggunakan instrumen validasi.
Hasil uji kelayakan diperoleh skor rata-rata persentase sebesar 90.46%, dengan interpretasi sangat layak. Hasil Uji lapangan diperoleh skor rata-rata persentase sebesar 80.83%. Hasil Uji perbedaan antara kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung = 1.76 > ttabel = 1.67. Hasil uji efektivitas diperoleh nilai nilai sebesar 0.46 dengan interpretasi sedang. Hasil uji N-Gain diperoleh nilai n-gain sebesar 0.51 dengan interpretasi sedang. Dapat disimpulkan bahwa ensiklopedia alat optik berbasis problem based learning layak digunakan sebagai sumber belajar tambahan dalam pembelajaran fisika, dan dapat meningkatkan high order thinking skills peserta didik dengan sumbangan efektivitas sebesar 23%.


Ketersediaan

F3618023F36.18 023Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Belum Masuk Rak (Referensi)

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F36.18 023
Penerbit Program Magister Pendidikan Fisika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3236167909
Klasifikasi
F36.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this