Image of Pengembangan Lembar Kerja Praktikum (LKP) Fisika Dasar II Materi Optik dengan Pendekatan Modified Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains

Text

Pengembangan Lembar Kerja Praktikum (LKP) Fisika Dasar II Materi Optik dengan Pendekatan Modified Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan LKP fisika dasar II materi optik dengan pendekatan modified inquiry untuk meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa. LKP disusun berdasarkan tahapan pembelajaran inquiry yaitu perumusan masalah, penyusunan hipotesis, pengumpulan data, analisis data dan kesimpulan. Pengembangan LKP dilakukan di laboratorium fisika dasar II Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, Evaluation). Validasi dilakukan oleh ahli materi, media dan pembelajaran dan di ujicobakan kepada mahasiswa Universitas Negeri Jakarta. Hasil uji validasi ahli materi menunjukan persentase skor rata-rata sebesar 83,45%, ahli media 89,43%, ahli pembelajaran 93.74% dan skor rata-rata total hasil uji validasi sebesar 88,87% dengan interpretasi sangat layak. Hasil ujicoba lapangan skala kecil dengan sampel 8 mahasiswa menujukan persentase rata-rata respon siswa sebesar 84,15 % dan hasil ujicoba skala besar dengan sampel 26 mahasiswa menujukan persentase rata-rata respon siswa sebesar 85,26% dengan interpretasi sangat layak. Hasil uji N-gain menunjukan bahwa skor sebesar 0,528 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil uji validasi, ujicoba lapangan dan uji N-gain dapat disimpulkan bahwa LKP Fisika Dasar II dengan pendekatan modified inquiry layak digunakan sebagai bahan ajar pendukung praktikum fisika dasar II dan dapat meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa.


Ketersediaan

F3618029F36.18 029Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri JakartaTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Belum Masuk Rak (Referensi)

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
F36.18 029
Penerbit Program Magister Pendidikan Fisika; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
3236167926
Klasifikasi
F36.18
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this