Detail Cantuman
Advanced Search![Image of Pengembangan E-Module Pembelajaran Kimia pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan Pendekatan Saintifik dan Penerapannya untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa](./lib/minigalnano/createthumb.php?filename=../../images/docs/004.png.png&width=200)
Text
Pengembangan E-Module Pembelajaran Kimia pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan Pendekatan Saintifik dan Penerapannya untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa
Pemecahan masalah adalah kemampuan yang harus dimiliki siswa untuk dapat bertahan menghadapi tantangan pada abad ke-21. Kemampuan tersebut dapat dilatih dengan pembelajaran yang mengintegrasikan masalah yang harus dipecahkan siswa. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran kimia SMA kelas XI pada materi Kelarutan dan hasil kali kelarutan dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa. Pengembangan e-modul ini mengadaptasi tahapan penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari tahapan analisis pendahuluan dan kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk, validasi ahli dan revisi, uji coba skala kecil, uji coba skala besar dan revisi tahap akhir, serta implementasi pada kegiatan belajar mengajar. Aplikasi utama yang digunakan dalam mengembangkan produk e-Module adalah 3D FageFlipp Profesional. Hasil reliabilitas antar rater ahli materi dan bahasa diperoleh R = 0,95 serta hasil reliabilitas antar rater ahli media diperoleh R = 0,98 dengan kriteria sangat baik. Hasil uji coba skala kecil siswa dan guru pada setiap indikator diperoleh rentang 78,33 % - 82,47% dan, 75% - 80% dengan kriteria baik. Hasil uji coba skala besar siswa dan guru pada keseluruhan indikator diperoleh rentang 82,22% - 87,50%, dan 81,67% - 92,05% dengan interpretasi baik sampai sangat baik. Tahap implementasi e-modul yang telah dikembangkan pada proses pembelajaran kelarutan dan hasil kali kelarutan menunjukkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang menggunakan buku sebagai kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan dapat meningkatakan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Ketersediaan
K3618013 | K36.18 013 | Perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Jakarta | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Belum Masuk Rak (Referensi) |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
K36.18 013
|
Penerbit | Program Magister Pendidikan Kimia; Fakultas MIPA UNJ : Jakarta., 2018 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
3336167866
|
Klasifikasi |
K36.18
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
Siti Romiati
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain